INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Wednesday 18 March 2020

Anda Melihat Kecurangan, Ketidakjujuran ??? Laporkan….!!!


Pernahkah anda mendengar istilah Whistle Blower ? Whistle Blower adalah istilah bagi pegawai pemerintah yang menyampaikan pengaduan ke publik tentang adanya korupsi atau salah kelola terkait keuangan pada lembaga pemerintah.

Mengenal Dekstrometorfan


Dekstrometorfan (DXM atau DMP) adalah obat yang sering ditemukan dalam obat pereda batuk atau flu. Pada dasarnya obat ini termasuk dalam golongan antitusif (menekan batuk) untuk mengobati batuk kering yang tidak produktif (tidak menghasilkan dahak). DMP bekerja pada Sistem Saraf Pusat (SSP) dengan berikatan pada reseptor sigma-1 yang ada pada medula dan terlibat dalam pengaturan refleks batuk, sehingga penggunaan utama dari obat ini adalah sebagai penekan batuk yang disebabkan oleh iritasi bronkial, serta batuk yang dihasilkan dari iritasi partikel yang telah dihirup. Namun, obat ini tidak cocok digunakan untuk mengatasi batuk berdahak dan batuk jangka panjang yang disebabkan oleh bronkitis kronis, asma, emfisema, atau kebiasaan merokok.

Kenali Ciri-ciri Obat Rusak


Ada pepatah, tak kenal maka tak sayang... Tak kenal ciri-ciri obat rusak, maka akan membahayakan diri kita dan keluarga. Mari kita kenali ciri-ciri obat rusak, meskipun obat tersebut belum kedaluwarsa :
1. Obat berupa tablet
    Bentuk tablet sudah rapuh dan mudah hancur atau tidak utuh lagi. Sifat tablet yang mudah menyerap air  menyebabkan jika terkena  udara lembab menjadikan tablet menjadi rapuh dan mudah hancur . Selain itu jika sudah terjadi perubahan warna, bau dan rasa, misalnya ada bintik -bintik hitam, timbul jamur atau warna memudar.

Seberapa Aman Jika Ibu Hamil atau Menyusui Minum Obat?


Kehamilan bagi seorang ibu merupakan karunia yang sangat berharga, oleh karena itu patut dijaga sejak dini hingga proses kelahiran sehingga bayi yang lahir dalam kondisi sehat dan normal, serta ibu yang melahirkan dalam kondisi prima dan sehat. Namun jika dalam kurun waktu kehamilan kondisi kesehatan ibu menurun sehingga rentan terhadap penyakit, atau sang ibu hamil sudah mengidap penyakit tertentu yang perlu pengobatan rutin, maka tidak bisa dihindari dari keharusan minum obat. FDA (Food and Drug Administration) melansir kategori keamanan obat sebagai pedoman jika akan memberikan obat bagi ibu hamil. Kategori ini disusun berdasarkan ada tidaknya (besar kecilnya) risiko terhadap sistem reproduksi, efek samping dan manfaat yag diharapkan.

Tuesday 17 March 2020

Hidup Adalah Pilihan


Hidup itu adalah pilihan, demikian kalimat atau jargon yang sering didengar ketika manusia dihadapkan pada kondisi dimana dia harus memilih.  Dari semua aspek kehidupan, manusia selalu dihadapkan kepada beberapa pilihan.  Terkadang pilihan itu begitu mudahnya namun tak jarang sangat sulit untuk menentukan salah satu dari beberapa pilihan.

Surat Ijin Mengemudi dan Surat Ijin Edar


Surat Ijin Mengemudi atau SIM, tentu semua orang sudah tahu.  Tanpa SIM setiap orang yang mengendarai kendaran bermotor tidak bebas pergi kemanapun juga di seluruh Indonesia.  SIM sebagai bukti registrasi dan identifikasi, yang diberikan oleh Kepolisian pada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan.

Perlukah Pengawet Pangan?


Pangan olahan yang beredar di masyarakat terdiri dari berbagai jenis, ada yang dikemas dengan atau tanpa label, ada yang dijual secara curah, ada yang berbentuk siap saji dan bisa langsung dimakan.   Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan adanya upaya-upaya kreatif dari para pelaku usaha, beberapa pangan yang diproduksi ditambah dengan pengawet untuk memperpanjang umur simpan dengan tujuan meminimalisir risiko retur dan meningkatkan profit.

OT BKO...apakah itu?


Anda mungkin pernah mendengar istilah OT BKO..atau membaca koran dan ada singkatan OT BKO..apakah itu? OT BKO adalah singkatan dari Obat Tradisional yang mengandung Bahan Kimia Obat..semoga anda tidak semakin bingung..mari kita cermati satu satu..

Menurut Permenkes  No. 7 Tahun 2012 tentang Registrasi Obat Tradisional,Obat Tradisional   adalah bahan atau ramuan bahan yang berupabahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.