INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Tuesday 26 May 2020

Suplemen Kesehatan


Belum lama ini terjadi keracunan makanan yang korbannya sekitar 22 anak sekolah dasar. Setelah melaksanakan olahraga renang, anak-anak mengkonsumsi minuman Suplemen Kesehatan merk X. Beberapa saat kemudian anak-anak merasa mual, muntah dan pusing.
Ucup     : “Pompi...Minuman Suplemen Kesehatan itu apa? Mengapa bisa menyebabkan keracunan."
Pompi   : "Minuman Suplemen Kesehatan adalah minuman yang bisa membantu menyegarkan badan pada saat bekerja keras atau berolahraga.Bisa menyebabkan keracunan apabila dikonsumsi tidak tepat.Dulu namanya Suplemen Makanan."

Keracunan Pangan


Belum lama ini terjadi kasus keracunan pangan yang diduga disebabkan oleh kue tart. Sebanyak 12 anak mengalami mual, muntah dan pusing setelah makan kue tart ulang tahun salah satu temannya.
Ucup     :“Pompi....Makanan yang bagaimana yang bisa menyebabkan keracunan?"
Pompi   : "Makanan dikatakan aman jika bebas dari 3 bahaya yaitu bahaya fisik, kimia dan biologi.Makanan yang tidak aman bisa menyebabkan keracunan pangan, biasanya disebabkan adanya bahaya kimia atau mikrobiologi."


Selamat Idul Fitri 1441 H

Segenap pimpinan dan karyawan BBPOM di Yogyakarta mengucapkan Selamat Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin. Mari berdoa bersama, semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu.



Friday 22 May 2020

PantunBPOMJogjaBerkinerja (5-8)


Mau minum jamu cek kemasan
Pastikan ada izin BPOMnya
Kalau memang tidak ada keperluan
Lebih baik stay at home aja

PantunBPOMJogjaBerkinerja (1-4)


Timun Suri, segar beraroma
Dibuat minuman, bersama kurma
Meski pandemi covid, datang melanda
Balai Besar POM Jogja, makin berkinerja.


Puisi : Meski Pandemi Melanda


Terlanjur kubergerak dalam alunan rasa
Rasa ingin bersama wujudkan nilai dan cita
Manisnya roda PIKKIR yang tlah menemani
Warnai hiruk pikuk amanah yang berarti
hingga Pandemi ini datang menemui,…


Thursday 21 May 2020

Apa itu Batuk, Apa itu Bersin



Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya.

Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

Tuesday 19 May 2020

Perizinan Produk Wajib Daftar SNI


Mas Blangkon sedang mengamati produk air mineral, kemudian Mbak Cempluk datang menghampiri (lokasi di rumah/di ruangan)
Mbak Cempluk : pagi-pagi sudah dandan rapi mau kemana Mas?
Mas Blangkon  : ini lho Mbak, desa kita kan berencana akan memproduksi air mineral, aku diminta pak Lurah untuk mencari tahu prosedur perizinannya ke BBPOM di Yogyakarta. Kamu tahu tidak tempatnya dimana?
Mbak Cempluk  : tahu donk, aku kan update orangnya. BBPOM di Yogyakarta alamatnya ada di Jl. Tompeyan, Tegalrejo, Yogyakarta, yukkk aku temani.
Mas Blangkon dan Mbak Cempluk datang ke ULPK BBPOM di Yogyakarta ditemui Petugas Balai dan diterangkan tentang prosedur perizinan untuk produk-produk yang wajib daftar Standar Nasional Indonesia (SNI) termasuk air mineral.

Apa itu Pemeriksaan Sarana Balai (PSB)?


Mas Blangkon sedang membaca prosedur perizinan pangan olahan dari Instagram  BBPOM di Yogyakarta, kemudian Mbak Cempluk datang menghampiri (lokasi di rumah/di ruangan sambil melihat Instagram Balai dari HP)
Mbak Cempluk : pagi-pagi sudah serius, membaca informasi apa itu Mas?
Mas Blangkon   : ini lho Mbak, aku baru mencari tahu prosedur perizinan produk susu bubuk  (sambil membawa produk susu). Susu harus terdaftar ke Badan POM tidak boleh berizin PIRT. Nah yang aku masih bingung, disini ada tahapan Pemeriksaan Sarana Balai (PSB), apa itu ya?
Mbak Cempluk : gak usah bingung, yukkk telpon saja ke BBPOM di Yogyakarta yang ada  di Jl. Tompeyan, Tegalrejo, Yogyakarta, telponnya 552250
Mas Blangkon dan Mbak Cempluk telpon ke ULPK BBPOM di Yogyakarta diterima Petugas Balai dan diterangkan tentang prosedur perizinan dan tentang Pemeriksaan Sarana Balai (PSB)

Mengenal Aknas POIPO BPOM RI


YOGYAKARTA. Aknas POIPO adalah Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Aksi tersebut merupakan pemberantasan obat ilegal dan penyalahgunaan obat di Indonesia sampai akar-akarnya secara berkesinambungan. Aksi pemberantasan ini sangat penting karena maraknya peredaran obat palsu atau tanpa ijin edar, penyalahgunaan obat-obat keras tertentu yang dipergunakan di luar indikasi oleh oknum tanpa kewenangan, penyalahgunaan obat-obat keras tertentu dengan harga lebih murah dan lebih mudah diperoleh daripada golongan narkoba. Penggunaan obat-obatan tanpa keahlian dan kewenangan tenaga kesehatan akan memberi efek yang negatif bagi kesehatan. Penyalahgunaan obat-obat keras tertentu juga menjadi indikasi adanya kebocoran jalur distribusi legal komoditi obat. Aturan internasional menyebutkan, untuk melakukan pengetatan penggunaan obat-obat tertentu yang sering disalahgunakan. Selanjutnya aksi nasional ini juga dilatar belakangi oleh INPRES No 3 Tahun 2017 tentang peningkatan efektivitas dan penguatan pengawasan obat dan makanan.

Sunday 17 May 2020

Staples


Pompi dan Ucup sedang asyik makan mie goreng di Warung Emak Ucup. Tiba-tiba....sretttt...aduhhhh...Ucup meringis kesakitan.
Pompi   : "Kenapa Cup?"
Ucup     : "Tanganku kena staples....untung tidak tertelan. Hiiihh...serem bayangin kalau sampai menelan staples."
Pompi   : "Iya betul Cup...staples sangat membahayakan jika sampai tertelan, bisa menyebabkan luka dan infeksi di tenggorokan atau saluran pencernaan. Apakah emak masih menggunakan staples pada saat membungkus nasi goreng, mie goreng atau nasi rames?"


Fortifikasi Minyak Goreng


Pompi dan Ucup sedang membeli minyak goreng di supermarket.
Ucup     : " Pompi...coba lihat label minyak goreng ini, ada yang ditambah Vitamin A+E ada yang tidak ditambah apa-apa, pilih yang mana Pom?"
Pompi   : "Pilih yang ditambah vitamin saja Cup...itu namanya fortifikasi." Ucup : "Apa itu fortifikasi?"

Izin Edar Es Krim


Ucup     : “Pompi...kemarin beredar isyu es krim merk X mengandung bahan-bahan kimia berbahaya apakah benar itu?"
Pompi   : "Tidak benar Cup...berita itu hanya hoax. Es krim X itu sudah terdaftar di Badan POM dengan izin edar BPOM RI MD....diikuti 12 digit angka. Produk terdaftar bisa di cek di aplikasi Cek BPOM, yang diunduh dari playstore. Bahan tambahan pangan yang digunakan masih memenuhi persyaratan."


Pembungkus Kertas Koran

Pompi   : “Ucup...kamu sedang apa?”
Ucup     : “Sedang bantu Emak menggoreng kerupuk...sebentar ya Pom aku cari kertas dulu untuk alas meniriskan minyaknya."
Pompi   : "Alasnya jangan pakai kertas koran ya Cup."
Ucup     : "Kenapa gak boleh? Kertas koran kan murah dan praktis, dapat menyerap minyak dengan cepat."

Friday 15 May 2020

PBKPKS (Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah)


Ucup     : "Pompi ...kamu sedang lihat foto apa?"
POMPISerial
Pompi   : "Aku sedang lihat foto kantin sekolah SD Muhammadiyah Kleco."
Ucup     : “Wah...bersih dan rapi ya kantinnya."















Arumanis, Si Merah yang Menggoda


Pompi  : “Ucup...kamu mau kemana?

Ucup    : "Ayo ikut Pom,aku mau beli arumanis ...yg warnanya merah dan manis itu."
Pompi  : "Hati-hati kalau beli arumanis atau jajanan yg berwarna merah menyala Cup."
Ucup    : "Memangnya kenapa Pom?"
Pompi  : "Makanan yang warnanya mencolok bisa jadi menggunakan bahan pewarna merah berbahaya yaitu rhodamin B."
Ucup    : "Apa itu rhodamin B?"

Pengendalian Hama Tikus


Pompi  : “Ucup....kamu mau kemana, ayo pulang bareng.

Serial
Ucup    : "Aku mau mampir ke toko kelontong dulu, disuruh Emak beli racun tikus. Warung makan emak ada tikusnya. Warung makan sebaiknya bebas dari hama, betul kan Pom?"
Pompi  : "Iya betul sekali Cup, tempat produksi dan penyajian pangan siap saji sebaiknya bebas hama baik tikus, lalat, semut maupun kecoa."

Kresek hitam


Pompi dan Ucup bertemu di Toko kelontong Ibu Omi. 
Pompi  : “Ucup...kamu sedang beli apa?"
Ucup    : "Aku mau beli kresek untuk wadah pisang goreng. Disuruh Emak nganter pisang goreng ke rumah pak RT."
Pompi  : "Kalau untuk mewadahi pisang goreng atau pangan siap santap lainnya, gunakan kresek yang putih ya Cup, jangan gunakan kresek hitam. Kantong kresek warna hitam tidak layak untuk mewadahi pangan siap santap "

Thursday 14 May 2020

Pengganti Bleng


Pompi  : "Ucup ...kamu mau kemana?"
Ucup    : "Aku disuruh emak ke warung membeli bleng,untuk membuat kerupuk/ lempeng gendar dari nasi ...emak punya sisa banyak nasi dirumah."
Pompi  : "Jangan memakai bleng Cup....bleng biasanya mengandung Boraks, Boraks itu termasuk bahan berbahaya yang dilarang ditambahkan pada makanan karena bisa membahayakan kesehatan."
Ucup    : “Oh...gitu ya...terus diganti dengan apa Pom?"

Gudeg Kaleng


Ucup    : “Pompi..libur akhir pekan besok, aku mau ke Jogja, kamu mau ikut gak?"
Pompi  : "Terimakasih Cup..aku gak bisa ikut, banyak tugas yang harus kuselesaikan. Aku titip belikan gudeg saja ya."
Ucup    : “Ok...gudeg besek atau gudeg kendil?" 
Pompi  : "Gudeg kaleng saja biar awet."
Ucup    : "Gudeg kaleng? Memangnya ada?"



Wednesday 13 May 2020

Kantinku Sehat


Cek KLIK Produk Kosmetik


Kosmetik adalah bahan atau sediaan yang dmaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ genital bagian luar atau gigi dan membrane mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dana tau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Cek KLIK Pangan Olahan Berkemas


Pangan (UU No 18 tahun 2012) adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku Pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.

Tuesday 12 May 2020

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Cegah Covid 19


Banyak cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah Virus Corona atau Covid-19 antara lain dengan memperkuat system imun atau meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa tips ini telah terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh yaitu :

Minum Obat Yang Tepat Saat Puasa


Setiap orang pasti ingin sehat, namun tentu kita tidak dapat mengelak jika kita memang ditakdirkan mengalami sakit, apalagi di saat sedang menjalani ibadah Puasa seperti saat ini. Jika sedang sakit dan harus minum obat tentu banyak pertanyaan yang timbul, karena kebiasaan makan kita berbeda dengan hari-hari biasa. Pertanyaan itu antara lain bagaimana waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat? Obat-obat apa saja yang tidak membatalkan puasa?

Monday 11 May 2020

Pengujian COVID-19 Di Laboratorium


Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) adalah virus corona baru (novel coronavirus), pertama kali muncul tanggal 29 Desember 2019  di Wuhan, Provinsi Hubei, China.  Tanggal 12 Februari 2020 International Commitee on Taxonomy on Viruses (ICTV) mendeklarasikan nCoV-2019 menjadi severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) dan dinyatakan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Deteksi Covid-19 yang cepat dan akurat diperlukan agar otoritas pemerintah untuk mengambil langkah-langkah strategis untuk penanganan pasien dan pencegahan penyebaran virus yang lebih luas. Laboratorium penyelenggara pemeriksa Covid-19 harus memenuhi prinsip biosafety dan biosecurity. Berdasarkan Interim guidance WHO yang dirilis tanggal 2 March 2020, maka penanganan dan pemeriksaan Covid-19 harus dilaksanakan pada fasilitas Biosafety Level 2 atau 3 tergantung jenis aktivitas yang dilakukan.