INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Monday 30 September 2019

Launching Inovasi KulinerkuOKE dan Branding Gudeg Culture and Identity Of Jogja, Menuju Kuliner Yang Certified


Yogyakarta, Sabtu (28/9) - Keamanan Pangan dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia. Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjamin terwujudnya penyelenggaraan Keamanan Pangan disetiap rantai Pangan  secara  terpadu.  Makanan siap saji dalam hal ini gudeg sebagai makanan khas Yogyakarta, adalah salah satu pangan yang harus memenuhi kriteria keamanan pangan.  Oleh karena itu diperlukan pengawasan dari aspek cemaran kimia (bebas bahan berbahaya),  aspek cemaran biologi (Hygiene Sanitasi) dan cemaran fisik.  


Menyikapi issue global dan revolusi 4.0 serta kebutuhan generasi Millenial akan informasi yang transparan dan mudah diakses, diperlukan Teknologi Informasi yang lebih user friendly.  Oleh karena itu perlu inovasi dengan mengembangkan system jaminan keamanan terhadap produk pangan yang berbasis IT dalam bentuk aplikasi KulinerkuOKE berupa aplikasi layanan tata kelola pengawasan kuliner secara digital yang menggambarkan mekanisme pengawasan, pembinaan atau pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah kepada pelaku usaha kuliner yang kemudian hasilnya bisa dilihat atau dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Dengan aplikasi ini, pelaku usaha kuliner bisa mendaftar untuk mendapatkan layanan pendampingan, dan masyarakat bisa melihat usaha kuliner yang telah mendapatkan pendampingan Balai Besar POM di Yogyakarta.

Tujuan dari inovasi KulinerkuOKE adalah meningkatkan sikap, pengetahuan dan komitmen pelaku usaha di bidang kuliner untuk mengimplementasikan keamanan pangan, meningkatkan sikap, pengetahuan dan perilaku masyarakat untuk memilih kuliner yang aman dan sehat serta mensinergikan sektor terkait dalam usaha meningkatkan daya saing pelaku usaha pangan siap saji di DIY.    Diharapkan dengan inovasi ini, cakupan sertifikasi laik sehat yang selama ini baru tercapai sekitar 13 % selama 3 tahun dapat ditingkatkan secara signifikan dan mampu menjangkau ke seluruh kuliner di DIY.   Goal akhir inovasi KulinerkuOKE adalah mendorong kuliner untuk meningkatkan keamanan pangan siap saji dan mampu tersertifikasi laik sehat, serta mendorong agar produk mampu dijual dan dikemas dengan teknologi pengalengan atau dikenal sebagai Pangan Steril Komersial dan keberhasilan mendapatkan nomor ijin edar (NIE) MD.

Untuk pengenalan kepada masyarakat, pada hari Sabtu tanggal 28 September 2019 dilakukan launching aplikasi KulinerkuOKE yang disaksikan oleh berbagai lapisan masyarakat mulai dari lintas sektor, pelaku usaha, akademisi, asosiasi dan masyarakat umum.    Selanjutnya diharapkan dengan diluncurkannya program inovasi baru ini maka Kuliner Jogja semakin Aman,  dengan Kuliner Aman, Pariwisata Jogja semakin Maju.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi BBPOM di Yogyakarta telfon 0274-552250, fax 0274-519052, WA/SMS : 08112543633,  


BBPOM di Yogyakarta

No comments:

Post a Comment