INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Tuesday 20 September 2016

Ular Tangga Keamanan Pangan


Anak-anak dari salah satu TK di Kota Yogyakarta ini seru sekali bermain ular tangga di depan stand pameran Balai Besar POM di Yogyakarta. Kali ini, Balai Besar POM di Yogyakarta membuka pameran Gebyar Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lapangan Kompleks Balaikota Yogyakarta, kamis (15/09/16), yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Bukan ular tangga biasa yang mereka mainkan, tetapi Ular Tangga Keamanan Pangan. Menarik, karena biasanya ular tangga mereka mainkan di atas meja, tapi kali ini mereka yang terjun langsung di atas papan, eh karpet ular tangga.

Permainan ini terdiri dari karpet permainan yang berisi 100 kotak dan 1 buah dadu terbuat dari kertas berukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm. Beberapa kotak pada karpet permainan digambar sejumlah "tangga" dan "ular" yang menghubungkan dengan kotak lain. Kotak ini berisi pesan keamanan pangan baik berupa praktek yang baik/buruk dan dampak yang ditimbulkan akibat praktek tersebut. Tangga Naik merupakan apresiasi bagi pemain yang menerapkan praktek keamanan pangan yang baik sedangkan ular turun merupakan hukuman bagi pemain yang menerapkan praktek keamanan pangan yang buruk.
Pertama kali template permainan ular tangga keamanan pangan ini diperoleh dari Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan POM tahun 2015 lalu untuk dibagikan kepada 3 desa yang memperoleh intervensi Gerakan Keamanan Pangan Desa Balai Besar POM di Yogyakarta tahun 2015 yaitu Desa Banjaroya, Desa Wonosari dan Desa Banaran. Selanjutnya, Balai Besar POM di Yogyakarta mencetak sendiri ular tangga keamanan pangan ini untuk digunakan sebagai media edukasi keamanan pangan terutama bagi anak-anak.

Berikut pesan keamanan pangan yang ada pada permainan ular tangga tersebut:

 Nah, kalau anak-anak di atas ini sedang bermain ular tangga saat mengikuti Sosialisasi E-Notifikasi Pangan Jajanan Anak Sekolah tahun 2015



Ular tangga keamanan pangan ini menjadi salah satu media edukasi keamanan pangan yang menarik bagi anak-anak, belajar sekaligus bermain.

"Ayo Sadar Pangan Aman"

BBPOM di Yogyakarta

No comments:

Post a Comment