INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Tuesday 3 April 2018

DESA POTORONO BANTUL MERAIH JUARA 1 LOMBA DESA PANGAN AMAN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2017


Pada tanggal 28 Februari 2018, Kepala Desa Potorono Bapak Prawoto diundang ke Jakarta untuk menerima hadiah sebagai pemenang Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional tahun 2017. Hadiah diserahkan oleh Kepala Badan POM ibu Penny K Lukito bersamaan dengan Peringatan HUT Badan POM ke 17. Sebelumnya predikat juara Desa Pangan Aman juga telah diraih oleh Desa Wonosari Gunungkidul (tahun 2016) dan Kelurahan Wirogunan Kota Yogyakarta (tahun 2015).


Desa Pangan Aman merupakan salah satu Program Aksi Nasional “Keamanan Pangan Desa” yang dikembangkan oleh Badan POM sejak tahun 2014. Program ini dilaksanakan dengan intervensi melalui kegiatan Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) yang merupakan salah satu upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan pangan di wilayah pedesaan dan bersama-sama mensukseskan gerakan keamanan pangan desa untuk meningkatkan pengawasan keamanan pangan di Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perorangan, sekaligus memperkuat ekonomi desa sesuai dengan sasaran dan prioritas nasional bidang kesehatan untuk peningkatan status gizi masyarakat dan peningkatan efektivitas pengawasan makanan dalam rangka peningkatan keamanan pangan dan mutu pangan yang beredar.
            Desa - desa yang telah diintervensi program GKPD pada tahun 2014 di Kota Yogyakarta ada 7 kelurahan yaitu Kelurahan Kotabaru, Kelurahan Wirogunan, Kelurahan Prowirodirjan, Kelurahan Pringgokusuman, Kelurahan Pandeyan, Kelurahan Ngupasan, Kelurahan Mantrijeron, dan di kabupaten Sleman ada 7 desa yaitu Desa Tridadi, Desa Tamanmartani, Desa Sinduadi, Desa Sidokarto, Desa Sariharjo, Desa Madurejo dan Desa Tlogoadi Sleman. Pada tahun 2015 yang diintervensi adalah Desa Banaran dan Desa Banjaroya di Kabupaten Kulonprogo dan Desa Wonosari di Kabupaten Gunungkidul, sedangkan tahun 2016 adalah Desa Potorono, Desa Pleret dan Desa Palbapang di Kabupaten Bantul. Pada tahun 2017 yaitu Desa Kaliagung Kulonprogo serta Desa Nglanggeran dan Desa Sidoharjo di Kabupaten Gunungkidul.

Ditulis oleh : Wulandari, STP
Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) BBPOM di Yogyakarta
Jl. Tompeyan, Tegalrejo, Yogyakarta
HP 085290057373

No comments:

Post a Comment