INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Tuesday 26 July 2016

Jenis-Jenis Kertas Pengemas

Salah satu faktor terkait dengan keamanan pangan adalah keamanan bahan pengemas pangan atau pembungkus produk pangan (foodgrade)
  1. Kertas glasin dan kertas tahan minyak dibuat dengan cara memperpanjang waktu pengadukan pulp sebelum dimasukkan ke mesin pembuat kertas.
  2. Kertas Kraft Mempunyai sifat yang sangat kuat dan banyak digunakan untuk membuat kantong kertas dalam ukuran besar.
  3. Kertas perkamen digunakan untuk mengemas bahan pangan seperti mentega, margarine, biscuit yang berkadar lemak tinggi, keju, ikan (basah, kering atau digoreng), daging (segar, kering, diasap atau dimasak), hasil ternak lain, teh dan kopi.
  4. Kertas lilin adalah kertas yang dilapisi dengan lilin yang bahan dasarnya adalah lilin paraffin
  5. Daluang (Container board) Kertas daluang banyak digunakan dalam pembuatan kartun beralur.
  6. Kertas tyvek adalah kertas yang terikat dengan HDPE (high density polyethylene). Dibuat pertama sekali oleh Du Pont dengan nama dagang Tyvek.
  7. Kertas soluble adalah kertas yang dapat larut dalam air.
  8. Kertas plastik dibuat karena keterbatasan sumber selulosa.
  9. Amplop dan Kantung sering digunakan sebagai pembungkus kertas, sedangkan kantung kertas merupakan kemasan tertua tetapi masih tetap populer hingga sekarang.
  10. Karton lipat dan kardus merupakan jenis kertas yang populer karena praktis dan murah. Dalam perdagangan disebut juga folding carton (FC), dan digunakan untuk mengemas bahan hasil pertanian atau jenis-jenis barang lainnya.

No comments:

Post a Comment