INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Monday 21 December 2020

Ngopi SeloW (Ngobrol Pintar Selasa Wage, = baca Seloso Wage)


1. Abstrak

Program/ Kegiatan gelar informasi obat dan makanan bernuansa khas daerah dalam rangka mendekat ke masyarakat, dilaksanakan setiap Selasa Wage bersamaan dengan Gelar Budaya di Yogyakarta, kegiatan dilaksanakan bersama lintas sektor terkait atau anggota Pramuka (Saka POM)

2. Tujuan

Dibuat program/ kegiatan rutin yang menarik khas daerah, dilaksanakan dalam bentuk   kegiatan langsung ke masyarakat dan melalui media sosial.

-   Program/ kegiatan berupa gelar informasi berjudul Ngobrol Pintar Selasa Wage (Ngopi SeloW) yang dilaksanakan rutin (terjadwal), edukatif, menarik dan bisa langsung menyentuh ke masyarakat baik secara langsung maupun melaui media sosial yaitu dengan program yang rutin/ terjadwal setiap Selasa Wage maka lebih mudah dipublikasikan sehingga dapat diketahui masyarakat. Program informasi yang menarik dengan menampilkan video dengan  tokoh khas daerah Mas Blangkon (Blak-blakan Ngomongnya Konsisten), Mbak Cempluk (Ceplas Ceplos Memberi Petunjuk ) dan Petugas Balai/  Struktural/ Kepala Balai. Mas Blangkon berpakaian Jawa dengan memakai blangkon, Mbak Cempluk memakai kebaya lurik/ model kartini khas Yogyakarta, pemeran ini bertugas ngobrol dengan tema biasa (prolog). Petugas Balai berpakaian kedinasan, bertugas menerangkan tema/ prosedurnya. Petugas Balai bisa diganti dengan Pejabat Struktural/ Kepala Balai/ Lintas Sektor terkait sesuai kebutuhan cerita. Video Ngopi SeloW dibuat bervariasi dengan segmen anak-anak, remaja, masyarakat umum dan pelaku usaha. Video ini akan ditunjukkan kepada masyarakat pada waktu dilaksanakan kegiatan pameran dan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE). Dilaksanakan bersama lintas sektor terkait misalnya Dinas Kesehatan atau Disperindag atau anggota Pramuka (Saka POM) dari kabupaten dimana kegiatan ini dilaksanakan.

-   Program Gelar Informasi dengan tema utama pengenalan Cek KLIK ini terdiri dari Pameran, Uji Rapid Test Kit, KIE Ritel, Penayangan Video Berkarakter Daerah Mas Balngkon yang akan ditunjukkan kepada para pengunjung yang datang ke pameran, Penjaringan Follower Media Sosial.

-   Agar bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, gelar informasi dilaksanakan di  seluruh  DIY yang mencakup 5 kabupaten/ kota secara bergantian, berlokasi di depan toko/ swalayan/ ritel modern.

3.Signifikansi

a.  Dengan adanya inovasi ini maka akan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk menerima informasi obat dan makanan terutama Cek KLIK baik melalui pertemuan langsung (pameran, uji rapid test kit dan KIE) maupun melalui media sosial.

b.  Dapat meningkatkan follower di media sosial  

4. Penutup

Dengan adanya program/ kegiatan Gelar Informasi Ngopi SeloW ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama tentang Cek KLIK, dapat meningkatkan jumlah follower media sosial official dan BBPOM di Yogyakarta sehingga dapat lebih dekat dengan masyarakat.

                                                                                Wulandari, STP-BBPOM di Yogyakarta

 

No comments:

Post a Comment