INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Thursday 16 January 2020

Ayooo.....Bijak dalam Mengkonsumsi Minuman Berenergi !!


Saat ini......, jenis minuman satu ini sangat dikenal sebagian besar kalangan masyarakat. Karyawan, sopir angkutan umum, pelajar, mahasiswa, olah ragawan, tukang bangunan banyak mengkonsumsi minuman ini.  Yaaa...saat ini penggunaan minuman berenergi ( energy drink)  sebagai pilihan untuk menghilangkan rasa letih  dan lesu serta untuk meningkatkan stamina dan fokus pikiran makin meningkat. Namun seiring meningkatnya konsumsi minuman berenergi tersebut, telah terjadi penggunaan yang tidak sesuai sehingga justru dapat membahayakan kesehatan.

Adanya perubahan gaya hidup sebagian besar masyarakat yang menginginkan segala sesuatu secara instan, dan didukung gencarnya penanyangan iklan minuman berenergi berbagai merek setiap hari di media elektronik, termasuk televisi yang memberikan serta menawarkan janji-janji mampu menghasilkan tenaga ekstra, kemudian sebagian masyarakat yang belum terbiasa membaca informasi pada label kemasan secara seksama, serta kepedulian masyarakat terhadap kesehatan yang masih kurang, maka dapat menimbulkan presepsi yang salah dalam penggunaannya.   

Mengkonsumsi minuman berenergi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Minuman berenergi adalah sejenis minuman yang mengandung kafein dan zat lain, seperti taurin, ginseng. Campuran kafein dan taurin yang dikonsumsi  secara berlebihan dan secara terus menerus dapat berdampak pada kesehatan ginjal. Menurut Prof. dr. Iwan Dwiprahasta, MMedSC, PhD, minuman berenergi ini memang membuat badan menjadi segar, namun menyebabkan penurunan gerakan reflek. Hal ini dapat membahayakan konsumen, terutama bagi sopir karena dapat mengakibatkan kecelakaan. Selain itu mengkonsumsi minuman berenergi secara berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi karena menjadi tidak merasa haus.

Ayoo...... bijak dalam dalam mengkonsumsi minuman berenergi. Baca labelnya dengan seksama. Sesuai petunjuk pada label, umumnya minuman berenergi dikonsumsi maksimal 3 botol sehari (150 mg/ hari). Minum sesuai aturan penggunaannya, tidak boleh melebihi aturan pakai yang telah dianjurkan, imbangi dengan olah raga teratur dan pola makan sehat, tidak dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus dalam jangka panjang. Minuman berenergi tidak dianjurkan untuk anak-anak, wanita hamil dan menyusui, penderita hipertensi dan diabetes mellitus, tidak boleh digunakan pada penderita fenil ketourea dan penderita dengan kadar fenilalanin tinggi .......Sayangi tubuh kita, jaga kesehatannya.

Nur Cahyawati-BBPOM Yogyakarta

No comments:

Post a Comment