INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Monday 20 January 2020

Perbedaan PIRT dan MD

Belum banyak masyarakat awam yang paham apa itu PIRT atau MD, ada baiknya untuk mengetahui hal itu, agar masyarakat tidak salah pilih dalam membeli produk makanan. PIRT dan MD adalah nomor ijin edar produk makanan dan minuman, artinya  produk makanan dan minuman yang pada labelnya tercantum  nomor PIRT atau MD sudah memiliki legalitas dan aman untuk dikonsumsi. 

Pasti masyarakat awan akan bertanya, apa yang membedakan nomor PIRT dan MD. Ada beberapa faktor yang membedakan, sebagai berikut :
1.    Institusi yang berwenang menerbitkan.
Nomor PIRT diterbitkan  oleh Bupati/Walikota c.q. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Sedangkan MD diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan.
2.    Kategori pelaku usahanya
Nomor PIRT diberikan kepada pelaku usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), yaitu perusahaan pangan atau perorangan yang memiliki tempat usaha di tempat tinggal dengan peralatan pengolahan pangan manual hingga semi otomatis. MD untuk pelaku usaha yang tempat usahanya terpisah dari tempat tinggal dengan peralatan pengolahan pangan semi otomatis hingga otomatis.
3.    Jenis pangan yang diproduksi
Pada prinsipnya semua jenis pangan dapat diberikan ijin edar Nomor PIRT, kecuali :
a.    Pangan yang diproses secara sterilisasi komersial
b.    Pangan yang diproses dengan pembekuan
c.    Pangan olahan asal hewan yang disimpan dingin/beku
d.    Pangan diet khusus dan pangan keperluan media khusus, antara lain  MP-ASI, booster ASI, formula bayi, formula lanjutan, pangan untuk penderita diabetes.
Oleh karena itu penting untuk diketahui, apabila pelaku usaha akan memproduksi salah satu dari keempat jenis pangan di atas, maka ijin edarnya wajib BPOM MD. Selain itu, pangan yang diperbolehkan mendapat nomor PIRT adalah pangan yang diproduksi di dalam negri, bukan pangan import dan pangan yang mengalami pengemasan kembali terhadap produk pangan yang telah memiliki nomor PIRT dalam ukuran besar (bulk).  
    
                                                                           Rossy Hertati - BBPOM di Yogyakarta

1 comment:

  1. According to Stanford Medical, It's indeed the SINGLE reason women in this country get to live 10 years more and weigh an average of 42 lbs less than we do.

    (Just so you know, it is not related to genetics or some secret exercise and EVERYTHING about "HOW" they are eating.)

    BTW, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    TAP on this link to uncover if this easy quiz can help you decipher your true weight loss potential

    ReplyDelete