INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Monday 20 January 2020

Mengenal Dumolid Obat yang Banyak Disalahgunakan...di Kalangan Anak Muda..


Ingat Dumolid, ingat TS ..aktor terkenal ..yang terkena masalah gara-gara menyalahgunakan obat ini.
Obat dengan nama dagang Dumolid mengandung zat aktif Nitrazepam yang merupakan obat psikotropika golongan IV sesuai Permenkes No.9 Tahun 2015 . Nitrazepam biasa digunakan untuk pengobatan jangka pendek insomnia/ gangguan tidur dengan berbagai sebab. 

Sama halnya dengan psikotropika jenis lain, Nitrazepam berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Zat aktif Nitrazepam dapat menimbulkan efek samping ataksia/gangguan neurologis dan bingung terutama pada pasien lansia, vertigo, amnesia/pelupa, ketergantungan. Oleh karena itulah penyerahan psikotropika dalam rangka peredaran hanya dapat dilakukan di apotek, rumah sakit, puskesmas, balai pengobatan, dan dokter. Masyarakat bisa memperoleh obat psikotropika, termasuk Dumolid, hanya di apotek dengan menggunakan resep dokter.Ketika seseorang mendapatkan dan mengonsumsi Dumolid  tanpa resep dokter untuk mendapatkan efek penenangnya, penggunaan berubah menjadi penyalahgunaan.

Mengkonsumsi Dumolid tanpa resep dokter sangat berbahaya karena menimbulkan efek ketergantungan yang tinggi. Semakin lama memakai obat ini, tubuh akan membangun toleransi.Toleransi dalam hal ini adalah menurunnya khasiat obat setelah pemakaian yang berulang-ulang. Apabila seseorang telah mengalami toleransi terhadap suatu jenis obat, maka jumlah (dosis) obat yang dibutuhkan semakain lama semakin besar untuk memberi khasiat atau efek yang sana. Lama kelamaan, dosis ini dapat mencapai batas berbahaya bagi kesehatan, sehingga dapat menyebabkan kematian. 

Orang yang menyalahgunakan obat dumolid memiliki persepsi bahwa mereka bahagia, fokus, dan merasa bersemangat. Orang yang menyalahgunakan obat dumolid juga mungkin memiliki memori buruk dan amnesia penuh dari beberapa peristiwa.
Obat penenang adalah obat adiktif yang berbahaya. Semakin lama Anda menggunakan obat ini, semakin Anda membutuhkannya.

Salah satu gejala yang paling mengganggu dari penggunaan obat penenang jangka panjang adalah depersonalisasi. Depersonalisasi adalah merupakan gangguan jiwa yang menyebabkan seseorang memiliki perasaan bahwa hal-hal di sekitarnya adalah tidak nyata. Mereka merasa memiliki perasaan bahwa dapat mengamati diri dari luar tubuh sendiri dan mungkin merasa seperti kehilangan pegangan pada realitas atau hidup dalam mimpi,sulit membedakan yang mana kenyataan dan mimpi. 

Dumolid  memiliki efek putus obat jika dihentikan secara tiba-tiba, sekalipun hanya digunakan untuk jangka pendek. Efek putus obat tersebut berupa: Sulit tidur,depresi, gelisah,cepat marah,berkeringat,diare,kejang.
Ketergantungan dapat mengakibatkan gejala sakau dan bahkan kejang ketika obat dihentikan tiba-tiba. Ada risiko yang signifikan dari kejang, stroke, serangan jantung, atau halusinasi jika Anda berhenti mengonsumsi dumolid secara tiba-tiba setelah begitu lama mengalami ketergantungan.

Penjualan obat psikotropika melalui media online melanggar ketentuan UU No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika. Dan untuk mengantisipasinya, Badan POM telah membangun kerja sama dengan Asosiasi e-commerce. Jika menemukan pelanggaran, Badan POM membuat surat rekomendasi penutupan subsite kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sesuai UU Psikotropika no 5 th 1997 pasal 14 ayat 4 : Penyerahan psikotropika oleh apotek, rumah sakit, puskesmas dan balai pengobatan, puskesmas dilaksanakan berdasarkan resep dokter
Sesuai pasal 35 ayat 2 : Pengguna psikotropika harus mempunyai bukti bahwa psikotropika yang dimiliki, disimpan, dan/atau dibawa untuk digunakan, diperoleh secara sah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 ayat (2), ayat (3), ayat (4), dan ayat (5).
Pasal 62 : Barangsiapa secara tanpa hak, memiliki dan/atau membawa psikotropika dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah)
Yang dimaksud tanpa hak..yaitu memiliki atau membawa psikotropika...tetapi diperoleh secara ilegal yaitu tanpa resep dokter..

INGAT HARUS DENGAN RESEP DOKTER YA!!!
Kestri Harjanti-BBPOM Yogyakarta

1 comment:

  1. Your Affiliate Profit Machine is ready -

    Plus, making money online using it is as simple as 1-2-3!

    This is how it all works...

    STEP 1. Choose affiliate products you want to push
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system grow your list and sell your affiliate products on it's own!

    Are you ready to make money ONLINE?

    You can test-drive the system for yourself risk free...

    ReplyDelete