INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Tuesday 19 May 2020

Apa itu Pemeriksaan Sarana Balai (PSB)?


Mas Blangkon sedang membaca prosedur perizinan pangan olahan dari Instagram  BBPOM di Yogyakarta, kemudian Mbak Cempluk datang menghampiri (lokasi di rumah/di ruangan sambil melihat Instagram Balai dari HP)
Mbak Cempluk : pagi-pagi sudah serius, membaca informasi apa itu Mas?
Mas Blangkon   : ini lho Mbak, aku baru mencari tahu prosedur perizinan produk susu bubuk  (sambil membawa produk susu). Susu harus terdaftar ke Badan POM tidak boleh berizin PIRT. Nah yang aku masih bingung, disini ada tahapan Pemeriksaan Sarana Balai (PSB), apa itu ya?
Mbak Cempluk : gak usah bingung, yukkk telpon saja ke BBPOM di Yogyakarta yang ada  di Jl. Tompeyan, Tegalrejo, Yogyakarta, telponnya 552250
Mas Blangkon dan Mbak Cempluk telpon ke ULPK BBPOM di Yogyakarta diterima Petugas Balai dan diterangkan tentang prosedur perizinan dan tentang Pemeriksaan Sarana Balai (PSB)


Mas Blangkon :  Hallo Selamat pagi bu...saya Blangkon, benar ini BBPOM di Yogyakarta? mohon informasinya tentang tahapan Pemeriksaan Sarana Balai (PSB) untuk perizinan produk susu
Petugas Balai    : Hallo...Selamat pagi juga Mas Blangkon, perkenalkan ...Saya (nama petugas), terimakasih sudah menelpon ke BBPOM di Yogyakarta. Terimakasih pertanyaannya. Jadi Pemeriksaan Sarana Balai (PSB) adalah pemeriksaan sarana yang dilaksanakan untuk memastikan bahwa sarana memenuhi persyaratan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB)
Mbak Cempluk : bagaimana cara mengurus  PSBnya bu?
Petugas               : Silahkan untuk mengajukan surat permohonan ke Kepala BBPOM di Yogyakarta dilampiri persyaratan seperti fotokopi izin usaha, NPWP, skema produksi, layout sarana, disain label, peta lokasi dan dokumen pendukung lainnya. (Petugas menunjukkan contoh blangko PSB, dan diperlihatkan syarat-syaratnya)
Mas Blangkon  : Setelah kita mengajukan surat permohonan, berapa lama kita akan dikunjungi oleh petugas balai ya bu?
Petugas Balai   :.Maksimal 20 hari kerja Mas
Mas Blangkon  : Setelah mengurus PSBnya, kita akan mendapatkan apa ya bu?
Petugas Balai : Jika nilainya minimal B, maka sarana akan mendapatkan Surat Rekomendasi. Namun jika masih ada temuan maka pelaku usaha harus melakukan perbaikan sesuai saran dari auditor.
Mas Blangkon  : Ngomong-ngomong berapa biayanya ya bu?
Petugas Balai   :.PSB dilaksanakan dengan biaya negara alis gratis Mas
Mas Blangkon  : Asyikkk... makasih informasinya ya bu. Kalau saya ingin dikirimi contoh blangkonya apakah bisa bu?
Petugas Balai   :.Sama-sama Mas blangkon, bisa mas...saya kirim lewat WA ya

Created by Wulandari-BBPOM di Yogyakarta-2020

No comments:

Post a Comment