INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Wednesday 6 May 2020

Cek KLIK Suplemen Kesehatan dan Obat Quasi

Sahabat BPOM, apakah pernah merasa tidak enak badan, kemudian minum suplemen dan pakai minyak gosok atau minyak angin? Sudah mencermati labelnya? Ayo simak informasi tentang produk-produk tersebut.
 
Suplemen Kesehatan adalah produk yang dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, memelihara, meningkatkan dan atau memperbaiki fungsi kesehatan, mempunyai nilai gizi dan atau efek psikologis, mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino dan atau bahan lain bukan tumbuhan yang dapat dikombinasikan dengan tumbuhan.






Manfaat suplemen kesehatan adalah untuk memelihara stamina tubuh dan kebugaran, Suplemen kesehatan tidak digunakan untuk mengobati suatu penyakit.  Suplemen kesehatan digunakan untuk memelihara daya tahan tubuh bukan untuk mengobati Covid 19. Relatif aman jika penggunaannya sesuai dengan aturan pakai dan tidak berlebihan, tetapi Suplemen kesehatan tidak menggantikan makanan seimbang dan bergizi. 

Suplemen Kesehatan yang boleh beredar di Indonesia dan sudah terjamin keamanan dan kemanfatannya adalah suplemen kesehatan yang memiliki nomor izin edar. 



Obat quasi adalah obat yang telah lama dikenal dan digunakan  untuk keluhan ringan dan tidak memiliki bukti efek famakologi dengan kandungan bahan tunggal ataupun kombinasi. Contoh obat quasi adalah minyak angin dan minyak gosok.


Ayo Cek KLIK dulu sebelum menggunakan suplemen kesehatan dan obat quasi :
-K-Kemasan : pastikan kemasan dalam kondisi baik, tidak rusak/ cacat
-L-Label : baca informasi pada labelnya
-I-Izin Edar : pastikan memiliki izin edar BPOM SD 9 digit angka (suplemen produksi dalam negeri), SI 9 digit angka (suplemen produksi luar negeri), SL 9 digit angka (suplemen lisensi). QD 9 digit angka (obat quasi produksi dalam negeri), QI 9 digit angka (obat quasi produksi luar negeri), QL 9 digit angka (obat quasi lisensi)
-K-Kedaluwarsa : pastikan belum melewati tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasan

Ayo jadi konsumen cerdas dengan Cek KLIK.

No comments:

Post a Comment