INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Tuesday 26 May 2020

Keracunan Pangan


Belum lama ini terjadi kasus keracunan pangan yang diduga disebabkan oleh kue tart. Sebanyak 12 anak mengalami mual, muntah dan pusing setelah makan kue tart ulang tahun salah satu temannya.
Ucup     :“Pompi....Makanan yang bagaimana yang bisa menyebabkan keracunan?"
Pompi   : "Makanan dikatakan aman jika bebas dari 3 bahaya yaitu bahaya fisik, kimia dan biologi.Makanan yang tidak aman bisa menyebabkan keracunan pangan, biasanya disebabkan adanya bahaya kimia atau mikrobiologi."


 
Ucup     :"Kalau terjadi keracunan kita harus melapor kemana Pom?" 
Pompi   :"Laporkan ke Puskesmas setempat,selanjutnya akan diteruskan
ke tim gerak cepat (Dinkes, BLK dan BPOM)dan akan ditindaklanjuti dengan investigasi ke lapangan."
Ucup     : "Kalau kue tart kira-kira mengandung apa ya Pom kok bisa menyebabkan keracunan?"
Pompi   : "Bisa jadi kue tart tersebut sudah basi, makanan yang sudah basi mengandung bakteri Bacillus cereus. Bakteri tersebut bisa menyebabkan keracunan.Bakteri Bacillus cereus bisa juga mencemari bahan tepung/ adonan yang berkembangbiak karena disimpan lama pada suhu ruang lalu memproduksi enterotoksin. Atau bakteri tersebut menempel di tangan yang kurang bersih dan berpindah pada saat menghias kue"
Ucup     : "Lalu bagaimana agar terhindar dari keracunan pangan?"
Pompi   :"Untuk produsen budayakan 5 kunci untuk keamanan pangan yaitu : jaga kebersihan, pisahkan pangan mentah dari pangan matang, memasaklah dengan seksama, jagalah pangan pada suhu aman dan gunakan air dan bahan yang aman. Untuk konsumen selalu cuci tangan sebelum makan dan jangan dikonsumsi jika ada penampakan (bau, rasa, warna)yang mencurigakan dan segera menghubungi pelayanan kesehatan terdekat jika merasakan gejala keracunan pangan. "

 

#ayosadarpanganaman
(Sumber : Badan POM, ditulis oleh Wulandari/BBPOM di Yogyakarta)

No comments:

Post a Comment