INFORMASI OBAT DAN MAKANAN

menu

Sunday 17 May 2020

Staples


Pompi dan Ucup sedang asyik makan mie goreng di Warung Emak Ucup. Tiba-tiba....sretttt...aduhhhh...Ucup meringis kesakitan.
Pompi   : "Kenapa Cup?"
Ucup     : "Tanganku kena staples....untung tidak tertelan. Hiiihh...serem bayangin kalau sampai menelan staples."
Pompi   : "Iya betul Cup...staples sangat membahayakan jika sampai tertelan, bisa menyebabkan luka dan infeksi di tenggorokan atau saluran pencernaan. Apakah emak masih menggunakan staples pada saat membungkus nasi goreng, mie goreng atau nasi rames?"




Ucup     : "Iya masih ...soalnya staples kan praktis, murah dan mudah digunakan. Kalau gak pakai staples, pakai apa dong?"
Pompi   : "Staples bisa diganti dengan karet atau isolasi, lebih aman kan Cup. Coba bayangkan kalau yang membuka staples itu anak kecil atau lansia....kadang tidak bisa membuka dengan seksama, jadi staples bisa jatuh/ masuk kedalam makanan."
Ucup     : "Kalau penggunaan lidi bagaimana? Emak sering menggunakan lidi pada waktu membungkus dengan daun pisang."
Pompi   : "Penggunaan lidi diperbolehkan. Lidi lebih aman dari pada staples, karena ukurannya lebih besar, tentu saja lidinya harus bersih dan tidak terlalu tajam/ lancip”
Ucup     : “Wah..betul sekali informasimu Pom, baiklah mari kita beri tahu emak agar tidak menggunakan staples lagi."
Pompi   : "Ayo Cup....Prinsip-prinsip keamanan pangan itu sebaiknya diterapkan dalam penanganan pangan olahan maupun pangan siap saji. Pangan yang aman harus bebas dari 3 bahaya yaitu bahaya fisik, kimia dan mikrobiologi. Staples adalah salah satu contoh bahaya fisik."

Sumber : BADAN POM, ditulis oleh Wulandari/ BBPOM di Yogyakarta


No comments:

Post a Comment